Selasa, 04 November 2008

TRAVEL BISNIS DALAM MASA KRISIS

Traveling adalah sesuatu yang paling akhir dipikirkan dan dilaksanakan orang ketika terjadi kemakmuran ekonomi. Traveling juga adalah yang paling pertama dipangkas orang ketika terjadi kemerosotan ekonomi. Urusan dapur ngebul, anak sekolah, kreditan sana sini, genteng bocor dan lainnya adalah lebih penting dari pada jalan-jalan. So...rentan sekali bisnis yang satu ini.

Namun ini bukan akhir segalanya alias kiamat.

Saya pikir inovasi dan 'breakthrough' adalah penting dalam bisnis ini. Harus dipikirkan dan diterapkan, paling tidak dicoba sebelum yang jelek terjadi. Jangan cuma penyesalan yang terjadi. Telat beh.

Yang cepat, yang agresif, yang smart, yang ramah, yang empati..itu yang bisa menang.
Selama dunia ini masih ada dan selama yang namanya bisnis masih ada, peluang tetap ada.

Tinggal bagaimana kita ambil kesempatan dalam kesempitan.
Coba kita berbuat yang beda. jangan ikut orang lain. Karena yang beda itu yang diinget orang.

Bicara sih gampang...tapi gimana caranya?

Semakin banyak otak yang mau sumbangsih makin baik dalam pemecahan sebuah masalah. Karena 10 otak harusnya lebih baik ketimbang 1 otak. Kecuali makan 10 otak di rumah makan padang, itu bahaya.

Masalahnya, apa kita bersikap masa bodoh dan bilang 'ini bukan urusan kita' dll.

Kemajuan IT, murahnya harga penerbangan dll, merupakan satu titik kesempatan. Jangan pikir dulu mau jadi kaya. Bisa jalan terus aja...bisnis ini sudah dapat anugerah tak ternilai.

SDM yang santai2...SDM yang tak punya kapasitas dan kapabilitas...mendingan minggir jual mie ayam atau soto mie...

Pikir positif. Fokus dan kerja bareng. Itu kunci segalanya.

Bisa ? Tak ada yang tak bisa kalau kita mau..

Dalam perkenanNya..kita bisa.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

katanya bisnis travel lg krisis eehhh... mau nawarin franchise...... aneh nih manusia....

ATAPDUNIA mengatakan...

Rekan Hendro Yth, kalau dilihat dari sisi travel agent konvensional seperti yang Bapak lihat sekarang, tak akan ada travel agent yang memungkiri hal itu. Memang sedang krisis global dan berpengaruh pada setiap bisnis. Namun, peluang sangat besar, karena yang kami tawarkan bukanlah tipe konvensional, melihat banyaknya orang yang bepergian dengan pesawat. Nantikan 1 Juni 2009, email ke kami alamat lengkap, akan kami undang untuk presentasi kami. Salam ATAP DUNIA