Senin, 03 November 2008

MAU MURAH TAPI BAGUS LUAR BIASA

Kalau saya jadi klien, saya pasti setuju dengan judul di atas. Murah tapi Coooool man. Tapi kalau kita pikir-pikir lagi (kalau yang tak mau mikir, ya tak apa), mana ada sih yang murah tapi bisa bisa memberikan kepuasan maksimal?

Belakangan atau tepatnya beberapa tahun belakangan ini, harga perjalanan paket wisata dari paket regular sampai incentive korporate, nampak ancur-ancuran....(kalau dalam dunia tinju, hidung udah berdarah). Dari beberapa pesaing..juga geleng-geleng kepala..bagaimana kok ada sebuah rekan travel yang berani mengajukan harga begitu rendahnya dengan segudang janji luar biasa. Harga tahu gejrot tapi makan kepiting telor.

Sidang pembaca sekalian, baik para senior, rekan sejawat dan pelanggan yang budiman, marilah kita coba 'lempeng. dikiiiiit aja'. Travel bisnis kan bisa dibilang 'broker' atau istilah RT 03 kalideres bilang...MAKELAR. Pesawat bukan kita punya...hotel bukan kita punya...bis bukan kita punya...restaurant bukan kita punya... Trus yang kita punya apa? Paling pelayanan dan hati. Maksudnya melayani dengan hati. Apa yang kita cari sebenarnya? Pasti keuntungan dalam bisnis. Mau untung berapa besar? Tergantung dalam pelayanan yang kita akan buat.

Kalau harga mefet (1 x di bawah kata mepet), apa yang bisa kita berikan nilai plus? Budget jelas tak ada dan hasilnya pelayanan ala kadarnya. Inti kata, good memory cuma kenangan, tak akan 'last forever'. Alhasil..bisnis kita sendiri bisa babak-belur...Tak ada yang disenangkan. Klien juga kecewa karena pelayanan model jeans ngepas, 'duh boss...' keuntungan bisnis pun bisa dibilang 'susah amat ini hidup'.

So..? Wahai sidang pembaca, senior, rekan sejawat dan klien terhormat, THINK.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Gedong lu mungkin kegedean gue liat sih....makanya cost elu gede!Tapi gue liat di atas elu mau franchise ya..? BRILLIANT MAN...BRAVO.!! GUE IKUTAN NANTI 1 JUNI..PLS INFO TEMPAT DAN WAKTUNYA.Salam sobat lama yang udah lama tak ketemu...James Wirahadi

Unknown mengatakan...

Saya sangat setuju sekali sebagai client, dimana saya dapat harga murah tapi bagus luar biasa. Tapi apakah kalau dengan harga murah kita bisa mendapatkan service dan memory perjalanan yang menyenangkan??? Terkadang dengan harga yang sangat murah yang saya pernah dapatkan adalah makanan yang sangat terbatas dan ala kadar-nya. Kalau pun hotel sekelas 3* sebenarnya juga tidak apa2 karena dengan jadwal kegiatan tour yang padat, malam hari juga kita baru sampai di hotel, yang terpenting hotel yang bersih dan nyaman. Jadi menurut saya masing2 individu mempunyai keinginan yang berbeda2 tergantung tujuan dan keinginan dari masing-masing orang dalam rangka apa seseorang membutuhkan tour yang berkelas atau yang asal pergi saja dengan harga murah. Yang terpenting harga murah tapi bagus luar biasa tanpa meninggalkan service yang baik.