Sabtu, 28 Maret 2009

TOUR LEADER, Pentingkah Dalam Sebuah Perjalanan?

Jika ditanya, apakah penting kehadiran seorang pemandu wisata dari negeri sendiri menemani rombongan yang bepergian ke luar negeri? Jawabannya, gampang bener: PENTING SEKALEEEE.

Di Indonesia, profesi ini disebut dengan TOUR LEADER. Di luar negeri banyak istilahnya, ada TOUR MANAGER, TOUR CONDUCTOR, TOUR DIRECTOR dll.

Pekerjaannya dari A-Z (kalau ada huruf setelah Z, nah itu juga yang jadi kerjaanya), dari sebelum keberangkatan sampai kembali lagi ke tanah air. Ngeribet dan tak pernah sama metodenya. Tujuan boleh sama, tapi pesertanya jelas beda, supir bus nya beda, iklim beda dan banyak kemungkinan lain yang beda, termasuk jadwal pesawat yang kadang seenaknya berubah sampai peraturan negara setempat.

Kalau rombongan 5 orang saja, tour leader mungkin tak perlu kecuali VIP. Kalau sudah diatas 15, lebih baik pakai TOUR LEADER, ketimbang banyak waktu terbuang gara-gara si A pengen makan nasi goreng, si B mau nyari Mc Donald, si C mau belanja dulu, atau si D yang mending tidur di hotel. Belum lagi urusan cari restaurant yang mewakili.

Posting ini dibuat karena mulai munculnya beberapa group kecil yang tidak menginginkan TOUR LEADER dalam rombongan karena dianggap menambah biaya perjalanan, diatur seperti anak Tk, sudah sering ke tempat tujuan dll. Bahkan ada yang menganggap TOUR LEADER diperlukan kalau koper rombongan banyak. Busyet...dianggap porter.

Nah sekarang bagaimana rekan-rekan TOUR LEADER benar-benar bisa menunjukkan sebuah kualitas jika tanpa TOUR LEADER rombongan bisa macam kapal pecah. Tak lain, up date knowledge, increasing capability in speaking, kesehatan yg baik dan increase the capability macam bahasa, pengetahuan akan ekonomi, politik, budaya, musik dll. Jadi TOUR LEADER bukan dianggap sebagai pengganti porter atau pengikut Srimulat.

Kini muncul wadah yang bernama INDONESIAN TOUR LEADER ASSOCIATION (ITLA). Perlu waktu, kerja bareng yang luar biasa ketat, menekan ego, menghindari perasaan lebih senior dan lebih jago, lebih terkenal, lebih pengalaman, lebih berjasa dll. Sampai kemana organisasi ini tumbuh sebagai badan yang menghasilkan hal-hal positif dan didayagunakan, atau hanya sekedar forum iseng-iseng tak keruan.
Sukses untuk dunia TOUR LEADER Indonesia.

12 komentar:

Anonim mengatakan...

Tour leader itu sama dgn tour guide ya? kalo saya mau jadi tour guide itu bisa di situ ya? syaratnya apa ? pendidikannya harus apa?. Hendro Parengkuan

Unknown mengatakan...

saya pernah ikut tour dan di pimpin oleh seorang Tour Leader, memang orang ini cukup bagus untuk menghandle tamu, mulai kami dari bandara Jakarta sampai balik lagi ke Jakarta. tapi ada juga teman saya, yang ikut tour tapi Tour Leadernya tidak tahu apa - apa, seperti orang yang baru pertama kali bawa tour, dan mengecewakan sekali. saya rasa Tour Leader merupakan hal yang amat penting dalam suatu rombongan, karena peserta itu seperti "anak bebek yang memerlukan induknya" dan Tour Leader itu induknya dan harus mengetahui negara yang akan di kunjungi. kalau Tour Leader itu tidak tahu apa - apa, buat apa Tour Leader? dan saya baru mengetahui bahwa di Indonesia mempunya organisasi khusus Tour Leader dan mungkin dari Organisasi itu Tour Leader2 muda bisa belajar untuk menjadi profesional dan sekali lagi pelayanan terbaik yang diutamakan.

Unknown mengatakan...

tour leader...yah penting ngak penting juga, cuma jujur kalo dibandingkan tour leader indonesia dengan tour leader di luar negeri, parah abis, kalo tour leader indonesia mereka akan melayani tamu2nya dengan sepenuh hati walau dalam hati mencaci maki, tapi kalo tour leader dari luar negeri waaaahhh paraaaaahhh abis, ngak care sama sekali sama tamu...

Unknown mengatakan...

Tour Leader penting banget dalam suatu perjalanan tour, karena tanpa tour leader susah juga ya dan perjalanan akan terasa merepotkan sekali. Pengalaman saya pergi tanpa tour leader pada acara tour di kantor kami sangat2 merepotkan karena saya dan beberapa teman yang menjadi panitia sangat kerepotan sekali, pekerjaan kami diantara-nya membagi kunci kamar,membuat acara dan masih banyak sekali kegiatan yang harus-nya bisa di kerjakan oleh seorang tour leader. Jadi apabila menggunakan tour leader pekerjaan kita jadi terbantukan dan perjalanan kita juga sangat menyenangkan,khan inti-nya mau fun selama tour. Jadi kalau mau enjoy, fun dan mendapatkan pengalaman indah selama tour tetep dech pakai tour leader terutama untuk peserta yang lebih dari 10 orang dan tour leader-nya juga harus yang berpengalaman n bisa buat suasana ceria.

ATAPDUNIA mengatakan...

Rekan-rekan Joe,Vincentia & Richie,
Terima kasih atas postingnya. Kami pikir apa yang diposting rekan-rekan adalah benar tergantung situasi dan kondisi yang ada.

Sekali lagi, bukan untuk membela industri kami sendiri. Nampaknya untuk kelancaran dan efektifitas perjalanan, tour leader memang sungguh dibutuhkan. Carilah Tour Leader yang berkualitas karena akan menentuka kualitas perjalanan itu sendiri. Salam Hangat, ATAP DUNIA.

Unknown mengatakan...

saya pernah ke china menggunakan tour local jadi tour tersebut dipimpin oleh tour leader china, waaaaahhhhhhh ngak akan pernah lagi deh menggunakan tour local, selama di bus jarang sekali tour leader itu bicara, tidak care sama tamu, contoh waktu makan di restaurant, mereka tidak peduli menu makanan kita sudah ada belum, sudah lengkap belum, apakah lama dikeluarkan, beda sekali jika kita join tour dari jakarta, tour leadernya akan care sekali menunggu tamunya makan dan semua menu makanan keluar semua, baru tour leader akan makan. Selain itu jika di obyek wisata, kita dilepas saja tanpa ada penjelasan ttg obyek wisata tsb, lain jika join dengan tour di jkt, tour leader akan menemani kita dan menjelaskan dengan detail ttg obyek wisata tsb. Makanya saya tidak pernah lagi deh ikut tour local walau memang harganya lebih murah jauh, tapi service yang didapat wooowww murah juga.

Anonim mengatakan...

Tour Leader sebgai pimpinan rombongan wisatawan bertugas dari a-z, atau urus semua keperluan tamu.
so apa saratnya menjadi tour leader yang legal?
adakah standardisasi Tour leader?
Terima kasih

Anonim mengatakan...

Tour Leader sebgai pimpinan rombongan wisatawan bertugas dari a-z, atau urus semua keperluan tamu.
so apa saratnya menjadi tour leader yang legal?
adakah standardisasi Tour leader?
Terima kasih

Anonim mengatakan...

komentarnya bagus2 .
perkenalkan saya gilang pramz, mahasiswa dan juga bekerja menjadi tour leader ..
sudah 5 tahun saya menjadi tour leader, sudah pernah menjejakkan kaki di hampir smua ibu kota provinsi, dan banyak pengalaman menyenangkan bahkan pahit .
intinya untuk bisa menjadi tour leader yg baik, selain melayani tamu dengan servis yang memuaskan, juga diwajibkan memiliki public speaking & humor yang tinggi .

FajarDZ mengatakan...

Pastilah TL itu diperlukan. Sebab bagi sebagian orang, apalagi yang belum pernah berkunjung ke suatu negara tertentu dia akan menghabiskan waktu banyak hanya untuk mencari restoran halal misalnya.

Lain jika ada TL, dia bisa membantu kita menemukan apa saja yang kita perlukan. Ini perlu sekali terutama para tamu yang ingin waktu dan biaya yang dikeluarkan bisa efisien dan maksimal.

Yoyok mengatakan...

Saya belum lama terjun dalam dunia tour leader, saya merasa sangat senang sekali atas apresiasi Anda semua.
Menjadi seorang tour leader memang harus tulus dan ikhlas, den berusaha selalu ada dan mendampingi di segala macam suasana.

Salam Tour Leader Indonesia Semoga semakin jaya

smooth advesia mengatakan...

dari pengalaman yg udah2,,selain Tulus dan ikhlas,,seorang TL juga gga boleh egois...